Yang Wajib Sobat Lakukan di PC Baru

Dikutip Dari : tabloidpcplus edisi 306

Kita pasti senang rasanya kalau punya komputer/PC baru, pengennya diutak-atik dan ditongkrongin melulu biar nggak hilang. Daripada sekedar utak-atik nggak karuan, mendingan melakukan sesuatu yang berguna yang akan memberikan manfaat untuk “kelangsungan hidup" komputer kita selanjutnya. Yang perlu sobat lakukan adalah :

1.Cek Kelengkapan

Dalam paket pembelian PC, hampir selalu ada CD Driver, buku petunjuk penggunaan, aksesori pendukung serta kartu garansi yang wajib sobat cek ada tidaknya. Kartu garansi sebaiknya dikirimkan secepatnya,takutnya bila tidak segera diurus, garansi bisa hangus dan apabila ingin servis sobat harus membayar.

2.Coba dulu

Sebaiknya sobat jangan buru-buru pulang, coba nyalakan dulu PCnya di toko. Kalau PCnya sudah terinstall sistem operasi,pastikan ketika dinyalakan PC masuk ke sistem operasi. Kalau tidak bisa masuk, perhatikan bunyi yang terdengar saat PC dinyalakan. Normalnya,bunyi yang terdengar adalah “beep” pendek sekali. Kalau bunyi “beep” yang terdengar lebih dari sekali atau sekali tapi panjang,biasanya ada masalah, baca buku petunjuk motherboard.

3.Catat yang Perlu

Setiap perangkat keras pasti punya model dan nomor seri, catat keduanya,minimal catat modelnya,karena catatan ini akan penting ketika sobat ingin update driver,misal driver kartu grafis. Jangan sampai karena model kartu grafis terlupakan, update driver yang terinstall salah yang inginnya memperbaiki kinerja malah bikin PC mogok. Kalau perlu catat nama aplikasi driver yang telah terinstall, yang berguna apabila CD drivernya hilang, kita tinggal lihat nama driver di catatan dan download lewat internet.

4.Buat Partisi

Buatlah minimal dua partisi yang berbeda, salah satunya berisi sistem operasi dan aplikasi, partisi lainnya untuk data. Kalau perlu gunakan dua harddisk yang berbeda, gunanya untuk keamanan data. Ketika sistem operasi bermasalah, misal karena virus, dan harus diinstal ulang, data tidak akan terganggu dan masih bisa diakses meski sistem operasi diinstal ulang.

5.Jangan menginstal beberapa aplikasi sekaligus. Tapi instal satu per satu dan pastikan dulu setiap aplikasi berjalan lancar.

6.Kalau perlu lakukan update driver versi terbarunya untuk meningkatkan performa komputer kita.

7.Jangan lupa pasang antivirus dan lakukan update berkala, untuk menjaga keamanan komputer kita.
Share this article :

+ comments + 1 comments

Anonymous
Wednesday, 16 April, 2008

Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
http://www.infogue.com/
http://www.infogue.com/software/yang_wajib_sobat_lakukan_di_pc_baru/

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. "SAY NO TO GAPTEK" - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger